Selasa, 14 Mei 2013

Tips Sebelum Membeli Tablet

Tablet semakin hari semakin populer semenjak diperkenalkan. Kebutuhan akan perangkat komputasi portabel yang lebih simpel, namun tidak meninggalkan kecanggihannya mungkin yang menjadi pertimbangan. Ada banyak sekali pemain tablet dipasaran, mereka menawarkan berbagai ukuran tampilan, dimensi, spesifikasi, fitur hingga operating sistem. Salah satu operating system yang paling populer dan paling banyak diaplikasikan vendor ponsel adalah OS Android. Baca juga: Tips memilih tablet Android

Harga yang ditawarkan masing masin produsen tablet pun sangat bervariasi, dari mulai harga tablet dibawah 1 juta rupiah hingga diatas jutaan rupiah. Tentu hal ini akan membuat kita semakin bingung, tablet mana ini yang paling cocok buat kita?,, yang harganya mahal diatas jutaan atau yang dibawah jutaan?,, Memang para produsen sudah membagi klasifikasi harga dengan sebutan kelas, yaitu low, midle dan high end.

Berikut beberapa poin penting sebelum membeli tablet , agar mendapakan tablet yang tepat:


Perhatikan spesifikasi

Tiap vendor tentu berbeda dalam menanamkan spesifikasi pada produk tabletnya. Misalnya: Ada dua vendor yang menawarkan tablet dengan harga yang sama. Vendor A memberikan spesifikasi tinggi untuk prosesornya, tapi resolusi lebih rendah untuk kamera.Sementara vendor B memberikan spesifikasi prosesor yang lebih rendah , namun memberikan kualitas kamera yang lebih baik dari A. Jika kamu lebih banyak menggunakan tablet untuk bermain Game, maka spesifikasi prosesor yang lebih tinggi adalah pilihan Anda.

Mendukung Upgrade OS

Ketersediaan Upgrade OS juga tak kalah pentingnya, karena versi OS lebih tinggi tentu akan lebih baik dari versi sebelumnya.Jika tablet yang akan Anda menawarkan untuk upgrade kepada versi yang lebih tinggi, tentu ini adalah pilihan terbaik bagi anda.

Vendor prosessor

Jangan keburu ngejudge jika tablet murah buatan dalam negeri selalu buruk kualitasnya. Tapi memang sih, pada umumnya harga selaras dengan kualitas :). Namun kalau ketersediaan budget terbatas, anda mungkin perlu untuk sedikit jeli. Walaupun vendor diketahui dari lokal, untuk urusan komponen bisa jadi dibuat oleh pihak ketiga. Perhatikan saja prosesornya, untuk saat ini qualcomm adalah pemain besar prosesor. Walaupun vendor lokal, jika prosesor besutan vendor terbaik, maka akan menjadi nilai baik untuk tablet pilihan anda.

Kecepatan prosesor (CPU)

Prosesor adalah otak dari komputer, termasuk smartphone dan tablet. Semakin tinggi kecepatan prosesor, tentu akan semakin cepat pula kinerjanya. Pada layar sentuh, prosesor yang tinggi biasanya ditandai dengan semakin responsif efek sentuhnya. Selain itu, semakin baik untuk menjalankan aplikasi. Kecepatan clock prosesor disebut dengan satuan Hz, namun yang paling rendah biasanya sudah 800 Megahertz (Mhz). Jadi, semakin tinggi nilai Mhznya, maka semakin baik kinerjanya.

Kapasitas RAM

Ram adalah hardware yang berguna untuk membantu kinerja prosesor. Satuan ukuran untuk jenis memori adalah byte, namun pada RAM paling rendah adalah sudah Mb (Megabyte). Semakin tinggi kapasitas memori RAM, maka performa tablet juga akan semakin baik. Untuk menjalankan aplikasi, RAM yang tinggi akan jauh dari kesan respon yang lambat, ngelag atau tersedat sendat. Semakin tinggi RAM, kemampuan penggunaan multitasking juga semakin baik. Ukura RAM pada kebanyakan tablet antara 128 MB, 256 MB, 512 MB hingga 1 GB keatas.

GPU

GPU adalah Graphic Proccessing Unit, dan ini hampir tak ada bedanya dengan CPU(Central Processing Unit, otak utama komputer). GPU dan CPU sebenarnya adalah sama sama jenis prosesor sang otak komputer. Didalam tablet maupun komputer pada umumnya terdapat dua jenis prosesor ini. GPU adalah prosesor yang bertugas untuk memproses grafis pada komputer. Semakin tinggi spesifikasi GPU, maka semakin baik pula tampilan grafis yang dihadirkan. Spesifikasi GPU mungkin hanya perlu anda perhatikan, jika Anda adalah seorang gamer. Karena game-game sekarang kebanyakan membutuhkan spesifikasi gadget yang tinggi, dan ini dilihat dari GPU terutama.

Dengan memperhatikan beberapa tips membeli gadget diatas, kami berharap Anda menemukan gadget yang paling pas buat Anda, baik mengenai kegunaan dan harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar